Loading...

Podcats E-Kanal SIMPADU-PMI, Media Informasi dan Edukasi bagi Pekerja Migrant Jatim

Berita 27-05-2021
Depan Portal Berita Podcats E-Kanal SIMPADU-PMI, Media Informasi dan Edukasi bagi Pekerja Migrant Jatim

UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK), Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Jatim membuat terobosan dengan membuat Podcast E-Kanal SIMPADU-PMI Media Informasi dan Edukasi bagi Pekerja Migrant Jatim.

Podcast mulai populer di kalangan anak muda Tanah Air. Podcast merupakan rekaman audio layaknya radio yang dapat didengar khalayak ramai.

Bedanya, Podcast dapat didengar di mana saja dan kapan saja serta direkam menggunakan recorder, komputer, bahkan smartphone.

Podcast berisi informasi beragam dan bermanfaat bagi Calon Pekerja Migrant Indonesia (CPMI) Jatim. Hal ini dikatakan Kepala UPT P2TK, Budi Raharjo, di Surabaya, Kamis (27/5/2021)

Kami melihat sekarang perkembangan tehnologi itu berkembang dengan pesat, dan kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi ini bagaimana kami bisa memberikan informasi dan edukasi bagi segmen kami Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Jatim berprofesi di luar negeri.

Masyarakat sekarang sudah tidak gaptek mereka sudah paham tehnologi dan sudah menggunakan Informasi Teknologi (IT) melalau smartphone yang bisa dengan segala macam cara mereka mendapat informasi.

Sebelumnya yang menghambat CPMI bermasalah adalah akses informasi yang terbatas dan sekarang dengan adanya kemajuan-kemajuan yang luar biasa ini.

Kenapa tidak UPT P2TK menggunakan macam-macam pola untuk menyampaikan informasi dan mengedukasi masyarakat agar bisa memilih akses informasi yang benar.

Agar meraka apabila pilihan profesi memilih bekerja ke luar negeri berangkat dengan procedural aman, dan tetap terlindungi.

Itu alasan UPT P2TK mengembangkan pola melalui podcast dengan sosialisasi dan informasi dan edukasi bagi CPMI asal Jatim atau para sahabat pekerja migrant yang ada di Jatim.

Selain podcast, UPT P2TK juga sudah mempunyai website sebagai sarana pelayanan secara online, layanan mobil keliling untuk memberikan informasi ke daerah-daerah bagi masyarakat yang ingin menjadi calon pekerja migrant atau masyarakat yang selama ini ada di pedesaan atau kurang terjangkau oleh dinas ketenagakerjaan Kabupaten/Kota di Jatim.

Sosialisasi melalui media cetak, media online, media massa dan media sosial, serta melakukan bimbingan teknis ke Kepala Desa/Lurah yang merupakan ujung tombak UPT P2TK terdepan yang melayani administrasi bagi calon pekerja migrant atau masyarakat yang ingin bekerja ke Luar Negeri.


Sumber : InfoPublik - Podcats Ekanal SIMPADU PMI, Media Informasi dan Edukasi bagi Pekerja Migrant Jatim

Artikel Terkait