• Tlp : ( 031 ) 99842200, 99842221
  • Email : tkijatim@gmail.com
upt

Berita

Belajar Pelayanan Publik, Delegasi Jatim Kunjungi Tbilisi Georgia

  • Rabu, 2019-07-03 - 16:48:56 WIB
  • Administrator
UPT

Jatim Newsroom - Setelah empat hari mengikuti serangkaian kegiatan dalam UNPSFA 2019 di Baku Republik Azerbaijan, beberapa delegasi dari Indonesia terbang ke Tbilisi Republik Georgia. Dibekas negara pecahan Uni Soviet ini, juga termasuk salah satu negara terbaik dunia dalam pelayanan publiknya meskipun baru berdiri menjadi Georgia modern pada tahun 1991.

Kunjungan ini diinisiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, termasuk rombongan dari Provinsi Jawa Timur yang difasilitasi untuk melakukan studi tiru tentang manajemen pelayanan publik dari negara yang juga telah mendapatkan penghargaan dari PBB dalam UNPSFA 2014 silam.

Ketua rombongan Provinsi Jatim, Plt. Asisten I Setdaprov Jatim, Himawan Estu Bagijo melalui rilisnya, Jumat0 (28/06) menerangkan transparansi, akuntabilitas, partisipasi warga, teknologi dan inovasi serta prinsip-prinsip inti kemitraan pemerintah yang terbuka merupakanbnilai-nilai kunci dari Pemerintah Georgia.

Menggunakan teknologi canggih, pendekatan inovatif dan modern maka didirikan Public Service Mall (PSM) yang bertujuan membangun integritas dan kepercayaan publik, meningkatkan transparansi, efisiensi dan efektivitas, menjadikannya lebih mudah diakses dan bertanggung jawab kepada warga negara dan memberdayakan warga negara.

Pemerintah Georgia berupaya untuk melanjutkan upayanya menuju Pemerintah yang benar-benar terbuka, partisipatif, kolaboratif, dan bertanggung jawab. Total layanan ada 351 buah yang terbanyak untuk layanan KTP, paspor, akte kelahiran, kematian dan catatan pernikahan dengan rincian 21 ribu permohonan dalam satu tahun.Hebatnya, keberadaan PSM ini juga didirikan diregion-region dan komunitas yang sering terkendala dari akses transportasi.

Hasilnya keberadaan Public Service Mall ini mampu menurunkan tingkat korupsi Georgia di kawasan Eropa dan mendapat penghargaan dari United Nations tahun 2014 sebagai Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Dunia. Pemerintah Georgia yang merupakan salah satu negara yang berhasil menjalankan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi dimulai dengan menciptakan penegak hukum yang bersih, berwibawa dan melakukan pemberantasan korupsi yang salahsatunya dengan pendirian PSM ini.

"Adanya political wilI didukung integritas dan kualitas SDM Aparatur yang dibangun secara tangguh dalam menggabungkan data dan layanan terpusat serta perbaikan dan pengembangan secara terus menurus yang melibatkan partipasi LSM/praktisi dan masyarakat untuk menjaga tingkat kepuasan dan kepercayaan masyarakatnya" urai, Kadisnakertrans.yang merangkap Plt. Asisten I Setdaprov. Jatim ini. (pno)