• Tlp : ( 031 ) 99842200, 99842221
  • Email : tkijatim@gmail.com
upt

Berita

Delegasi Provinsi Jatim Kunjungi ASAN XIDMAT di Azerbaijan

  • Kamis, 2019-06-27 - 10:40:41 WIB
  • Administrator
UPT

Jatim Newsroom - Delegasi Jatim peserta United Nations Public Service Forum and Award (UNPSFA) 2019 di Kota Baku Azerbaijan, setelah mengikuti serangkaian acara seminar dalam forum pelayanan publik PBB ini, mereka mengunjungi Asan Xidmad (Asan Public Center Azerbaijan) yang berada di ibukota negara berpenduduk 10 juta tersebut.

Asan Xidmat (AX) ini merupakan Mall Pelayanan Publik (MPP) terbaik dunia yang pernah mendapatkan penghargaan UNPSA oleh PBB pada tahun 2015.

Delegasi dari Provinsi Jatim yang dipimpin oleh Plt. Asisten I Setdaprov Jatim, Himawan Estu Bagijo bersama anggota rombongan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain, berkesempatan mengunjungi MPP yang menjadi rujukan model MPP dari berbagai negara tersebut.

Himawan mengatakan, Asan Xidmat (AX) ini juga telah diadopsi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan membangun dan mengembangkan MPP. Di Jawa Timur ada dua daerah yang sudah meniru model AX ini, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Sidoarjo. "Kata Asan dalam bahasa Azerbaijan berarti mudah, Akronim Asan terjemahannya Jaringan Layanan dan Perijinan Azerbaijan," ujarnya, Rabu (27/6).

Republik Azerbaijan memiliki kisah sukses dalam membuat perubahan layanan yang radikal dalam pelayanan publik melalui Asan Xidmat. Pelayanan publik terintegrasi dengan baik sehingga masyarakat mendapatkan layanan tanpa harus dipusingkan dengan prosedur yang berbelit, panjang dan lama.

AX adalah lembaga negara untuk layanan publik bagi warga negara Azerbaijan. Tujuan agensi ini adalah membuat layanan lebih mudah diakses oleh warga menggunakan teknologi modern. Asan Xidmat, institusi ini cukup terkenal sebagai pusat pelayanan publik dan menjadi contoh internasional.

Asan Xidmat merupakan pelayanan terpadu, bukan hanya untuk pelayanan pemerintahan, tetapi juga untuk pelayanan swasta atau bisnis. Kehadiran Asan Center ini mampu memberi layana  publik bagi warga Azerbaijan dengan mudah.

Seluruh layanan yang didukung penggunaan teknologi informasi dan tenaga yang handal, jenis pelayanan mulai akte kelahiran, kesehatan sampai layanan pernikahan memiliki waktu yang cepat, maksimal 15 menit, transparan dan efisien. "Tugas kita adalah meniru model Mall Pelayanan Publik dari Asan Xidmat di Azerbaijan ini," pungkasnya. (pno)