• Tlp : ( 031 ) 99842200, 99842221
  • Email : tkijatim@gmail.com
upt

Berita

Jangan Gegabah, Ini 13 Hal yang Perlu Kamu Rencanakan Sebelum Bekerja ke Luar Negeri

  • Kamis, 2019-05-16 - 14:20:11 WIB
  • Administrator
UPT

Bekerja ke luar negeri adalah pilihan warga negara. Pemerintah, termasuk UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans Jatim, memfasilitasi layanan penempatan dan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia (PMI). Namun, sebelum benar-benar berangkat bekerja ke luar negeri, ada 13 hal yang perlu kamu rencanakan masak-masak. Apa saja 13 hal itu? Berikut daftarnya.

1. Mulailah mencari hal apa yang diinginkan dan diharapkan dari bekerja di luar negeri

Kamu dapat memulainya dengan menetapkan dan menemukan jenis perusahaan yang membuatmu tertarik. Carilah informasi tentang jenis-jenis pekerjaan yang disukai, atau mencari info lowongan pekerjaan di negara yang kamu inginkan.

2. Gali informasi sebanyak-banyaknya

Setelah tahap pertama, kamu perlu menggali informasi untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Riset tentang calon pekerjaanmu di internet. Internet kaya akan sumber informasi, termasuk persyaratan penempatan kerja serta proses aktual dalam melamar pekerjaan tersebut.

Cari sumber referensi yang kamu butuhkan di laman resmi perusahaan, publikasi baik cetak maupun daring, kontak pribadi, perekrut, bursa kerja, networking event, laman universitas, agen pemerintah dan kedutaan Indonesia di luar negeri, dan portal pekerjaan lokal.

3. Mengikuti pelatihan kerja di perusahaan multinasional

Bagi kalian yang berminat bekerja di perusahaan multinasional di luar negeri, temukan cara untuk bergabung dengan mereka. Banyak perusahaan multinasional menawarkan program transfer asing yang memberikan kesempatan bagi pekerja mereka untuk mengikuti pelatihan di salah satu kantor mereka di luar negeri.

4. Pertimbangkan untuk melamar sekolah di luar negeri

Bagi yang berminat menapaki jalur akademis sambil bekerja, program pascasarjana membuka banyak sekali kesempatan untuk bagi pencari kerja untuk sekaligus bekerja di luar negeri. Kamu tidak hanya dapat mengembangkan kemampuan tapi juga sekaligus meningkatkan nilai jual terhadap para pemimpin perusahaan. Bangunlah jejaring selagi kamu menimba ilmu di universitas.

5. Mengikuti program relawan di luar negeri

Bergabung dalam sebuah misi kemanusiaan adalah cara hebat untuk beradaptasi di negara tujuan yang punya kebudayaan yang sama sekali berbeda. Pekerjaan nirlaba di seluruh dunia selalu mencari staf yang selaras dengan visi dan misi mereka. Sekali lagi, internet adalah sumber penyedia informasi yang tepat. Kegiatan relawan mungkin tak akan menjanjikan secara finansial, akan tetapi sejumlah organisasi menyediakan tunjangan dan atau mungkin juga menyediakan asrama atau tempat tinggal.

6. Bersiaplah untuk korespondensi pencarian kerja

Mencari pekerjaan di luar negeri menawarkan tantangan ekstra bagi para kandidat. Langkah pertama, bikin resume atau daftar riwayat hidup sebaik mungkin agar dilirik para pemberi kerja internasional. Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Hal penting lainnya yang harus kamu cari tahu adalah dokumen pekerjaan apa yang dibutuhkan di negara tersebut. Resume atau daftar riwayat hidup. Kalau kamu tahu nih, bisa mendapat nilai tambah dari para pemberi kerja.

7. Bersiaplah beradaptasi dengan zona waktu

Bila kamu masuk ke tahap wawancara, bersiaplah untuk beradaptasi dengan zona waktu mereka. Wawancara melalui Skype adalah hal biasa. Kalian mungkin memiliki perbedaan zona waktu, so, kamu harus siap mengakomodasi wawancara kerja di luar jam kerja kamu biasanya. Bila kamu berkomitmen mendapatkan pekerjaan tersebut, tunjukkan ketertarikan dan keseriusan dengan mematuhi jadwal yang mereka tetapkan.

8. Ketahui budaya negara tujuan penempatan

Risiko gegar budaya itu nyata adanya. Penting bagi calon PMI untuk mempelajari semua hal tentang negara tersebut. Aspek budaya, etika, hukum, dan kebiasaan.

9. Memiliki tabungan untuk menyokong biaya hidup di bulan pertama

Tabungan itu bakal berguna sebagai sumber pemasukan yang stabil untuk bertahan sampai akhir masa tinggal. Setidaknya, sampai gaji pertamamu cair.

10. Rencanakan akomodasi

Beberapa perusahaan menanggung aspek kepindahan Anda, tapi ada pula perusahaan yang tidak menawarkan akomodasi berupa tempat tinggal. Jadi, rencanakan dan cari informasi tentang tempat tinggal, pilihan transportasi, dan kisaran harga sewa.

11. Pahami dan jelajahi hal-hal yang ditawarkan oleh negara tersebut

Mumpung lagi di luar negeri, kamu perlu mengetahui segala sesuatu tentang tempat yang akan menjadi rumahmu untuk satu atau dua tahun ke depan. Kamu akan living like a local. Bergabunglah dan berkenalan dengan warga lokal adalah cara terbaik mengenal negara tempatmu bekerja.

12. Temukan individu/komunitas tempat berbagi

Anda akan sering merasa kesepian saat jauh dari rumah untuk waktu yang sangat lama. Kalahkan kesedihan tersebut dengan bergabung di komunitas yang senada dengan aktivitas pekerjaan atau hobi. Komunitas ini akan menjadi rumah kedua kamu di sana.

13. Tetaplah berhubungan dengan keluarga di rumah

Mengontak mereka lewat berbagai media seperti video call adalah cara sementara melepas rindu dengan orang yang kamu sayangi dan rindukan di rumah. Memilih untuk pergi ke luar negeri bukanlah hal ringan. Pada kenyataannya, hal ini mungkin menjadi salah satu pilihan paling sulit bagi seseorang dalam hidupnya. Apapun pilihanmu, good luck ya!