• Tlp : ( 031 ) 99842200, 99842221
  • Email : tkijatim@gmail.com
upt

Berita

Rapat Koordinasi LTSA

  • Senin, 2019-01-21 - 09:41:37 WIB
  • Administrator
UPT

Dalam rangkaian peningkatan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia, Disnakertrans Jatim adakan rangkaian sosialisasi pembebtujan LTSA Dijabtong-kantong PMI, Evaluasi LTSA Jatim dan Sosialisasi Fitur Menu Layanan Baru yang berbasis online di website simPADU-PMI ( http://p3tki-jatim.go.id). Beberapa hasil sosialisasi dan evaluasi sebagai herikut;
1. Pembentukan LTSA Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia merupakan amanat UU 18 Tahun 2017 tentang pelindungan pekerja migran indonesia pasal 38 yang mewajibkan pemerintah daerah membuat LTSA.
2. Jawa Timur di tahun 2018 menjadi daerah terbanyak penyumbang penempatan PMI terbesar seIndonesia (70.352 orang berdasarkan Siskotkln BNP2TKI). Dibanding tahun 2017 terjadi kenaikan 9,22 persen.
3. Di Jatim sampai dengan tahun 2018 baru ada dua LTSA yakni di Tulungagung dan Banyuwangi. Dalam proses finishing di Kabupaten Ponorogo. Diharapkan tahun 2019 LTSA di Jatim bertambah tiga buah terutama di kantong penempatan PMI.
4. Kemnaker memberi fasilitasi rehab gedung, sarana prasarana komputer, dan meubel bagi daerah yang ingin mendirikan LTSA.
5. Pemerintah daerah harus menyiapkan dukungan komitmen dari pimpinan daerah, surat keputusan personel, dan dukungan angggaran pemdamping untuk operasional LTSA.
6. Meminta Kemnaker untuk terus mendampingi daerah baik yang ingin mendirikan maupun yang sudah mengoperasionalkan LTSA melalui kebijakan Inpres lintas sektor dan dana APBN dekonsetrasi.
7. Pemprov Jatim membantu dampingan contoh-contoh teknis dan regulasi serta bantuan replikasi layanan inovasi publik simPADU-PMI.
8. Operasional LTSA Jatim berdasarkan penilaian tim Kemnaker sangat efektif dengan skor 84.14. Output nyata yang dapat dilihat adalah meningkatnya indeks kepercayaan publik terhadap layanan birokrasi pemerintah, menurunnya angka PMI bermasalah dan PMI yang berangkat nonprosedural serta meningkatnya penempatan PMI di jabatan formal.
9. Beberapa layanan di LTSA Jatim masih perlu ditingkatkan antara lain layanan SKCK Polda Jatim, layanan sarana kesehatan, dan sarana prasarana penunjang kenyamanan pengunjung.