• Tlp : ( 031 ) 99842200, 99842221
  • Email : tkijatim@gmail.com
upt

Berita

Selain Posko Pengaduan THR, Disnakertrans Dirikan Posko Lebaran PMI

  • Senin, 2019-05-13 - 12:55:02 WIB
  • Administrator
UPT

Pemprov, Bhirawa

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jatim.

Selain membuka posko pengaduan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan di 17 lokasi di Jatim, mereka juga membuka posko lebaran bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dikenal juga Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo menyampaikan, pembukaan Posko Lebaran PMI ini bertujuan untuk membantu kelancaran kepulangan PMI asal Jatim ke daerah asal.

"Adanya posko lebaran PMI ini juga bertujuan untuk penanganan kasus-kasus kepulangan PMI yang membutuhkan bantuan petugas atau pemerintah," ujarnya.

Dikatakannya, Disnakertrans Jatim juga melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder dan keluarga untuk kelancaran kepulangan PMI asal Jatim ke daerah asal. "Tahun lalu, tepatnya Juni 2018, total kepulangan PMI lebaran melalui Bandara Juanda Surabaya sebanyak 7.671 orang," katanya.

Jika dirinci, pada Juni 2018 lalu, PMI yang pulang lebaran tersebut sebanyak 35,78 persen status selesai kontrak, 60,63 persen cuti, dan 3,59 persen karena terkena kasus. "Dari jumlah PMI yang pulang melalui Bandara Juanda mulai H-10 sebelum lebaran naik sebesar 18,37 persen dibanding tahun 2017," ujarnya.

Layanan yang ada di Posko Lebaran PMI di konter Bandara Juanda seperti layanan pendataan kepulangan PMI dan keluarga penjemput, layanan telepon gratis/emergency call (SOS Panic Button), layanan takjil gratis, layanan travel/bus mudik (konfirmasi ulang dengan Disnaker/BRI Tulungagung), shelter - transit (jika terlalu malam/belum ada keluarga penjemput).

Sumber: Harian Bhirawa (tayang Senin, 13 Mei 2019)