Loading...

JAPAN CAREER FEST, BERI PELUANG BEKERJA DI JEPANG

19-10-2021
Depan Pengumuman JAPAN CAREER FEST, BERI PELUANG BEKERJA DI JEPANG

https://infopublik.id/kategori/nusantara/573846/japan-career-fest-beri-peluang-bekerja-di-jepang

Surabaya. InfoPublik â€“ Kegiatan Japan Career Fest 2021 bertujuan untuk mempertemukan peluang kerja ke Jepang melalui program Specified Skilled Worker (SSW), dengan menyediakan lowongan kerja pada 14 bidang pekerjaan dan 18 jenis pekerjaan.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sosialisasi dan wawancara langsung yang spesifik ditujukan dalam jangka pendek bagi eks peserta magang Jepang dan alumni siswa BLK, serta dari peserta kandidat baru yang dilanjutkan dengan proses konsultasi dan wawancara dengan user untuk penempatan kerja ke Jepang.

Kepala UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (P2TK) Disnakertrans Prov Jatim, Budi Raharjo, Senin (18/10/2021) mengatakan, Japan Career Fest 2021 akan menyiapkan Calon Pekerja Migran Indonesia asal Jawa Timur melalui program SSW yang memiliki kemampuan spesifik dan profesional.

Dalam hal ini kedua belah pihak bersepakat untuk mengadakan kerjasama pelatihan dengan BLK/LPK yang ada di Jatim, mengisi peluang lapangan kerja dan pengurangan pengangguran bagi masyarakat Jawa Timur. Khusus program di Jatim dalam jangka pendek ditujukan ke eks magang Jepang dan alumni BLK.

Di masa datang akan direncanakan pola-pola penyiapan calon kandidat SSW baik secara classical maupun media online atau gabungan (hybrid).

Selain itu juga mengotimalkan peran bursa dan LTSA PMI Jatim sebagai pusat informasi dan pelayanan dokumen peserta SSW ke Jepang serta program APBD untuk Bantuan Pelatihan dan sertifikasi calon Pekerja Migran Indonesia.

Dalam kegiatan ini juga hadir 16 siswa dari UPT BLK Pasuruan sebagai BLK rintisan implementasi kerjasama dengan PT Takumi Koba Indonesia yang dilatih bahasa dan keterampilan teknis elektronik untuk mengisi program SSW ke Jepang.

“Kami berharap tahun 2022, BLK-BLK Disnakertrans Jatim lainnya selain melatih untuk mengisi lowongan di dalam negeri juga melatih calon Pekerja Migran Indonesia di jabatan informal dan jabatan formal melalui APBD Prov. Jatim,” ujar Budi Raharjo.

Selain itu UPT P2TK juga didukung oleh anggota yang tergabung dalam asosiasi eks Pemagangan Jepang (Ikapeksi) Jatim.

“Semoga kegiatan ini ditahun mendatang menjadi agenda rutin Disnakertrans Jatim khususnya untuk peluang kerja formal ke luar negeri,” tutur Budi